Welcome

Delete this widget from your Dashboard and add your own words. This is just an example!

hiphop fashion

Jumat, 20 Desember 2013



Hiphop fashion identik dengan cara berpakaian kaum afrika-amerika, carribia-amerika dan para pemuda- pemuda amerika latin “the 5 borough” (yaitu nama daerah di new york tempat komunitas amerika latin tinggal) . dan nanti pada perkembangannya setelah dari new york akan merambah ke kota-kota dengan komunitas kaum minoritas terdekat seperti Los Angeles, Chicago, Philadelphia, East Bay (San Francisco Bay Area), Detroit, dan The Dirty South. Setiap kota menyumbangkan bermacam kontribusi element dan style yang berbeda -beda pada perkembangan hiphop lifestyle di dunia pada saat ini. Hiphop fashion melambangkan sebuah ekspresi akan arti kebebasan di dalam dunia hiphop itu sendiri.
nah, guys.. itu tadi definisi dan sedikit sejarah tentang Hiphop fashion. kita lihat perkembangannya yok dari tahun ke tahun dan era.
Pertengahan 1970-1980
akhir tahun 70an adalah era dimana hiphop baru saja lahir dan masih mencari jati diri, karena pada waktu itu yang masih sangat populer di kalangan kaum kulit hitam adalah disco, so.. busananya juga ga jauh-jauh beda. coba aja liat busana salah satu pencetus hiphop Grandmaster flash dan Furious 5 berikut ini.
Di masa masa akhir tahun 80an budaya hiphop sudah mulai menyebar, para B-boy ( baca bahasa indonesia :penari kedjang) udah batlle dengan hanya dengan tarian saja, ga pake tawuran seperti pada awal tahun 80an saat teritori dipertahankan oleh para street dancer ala gangster.
Late 1980s to early 1990s fashion
DI masa ini dunia sudah mulai mengenal kebudayaan Hiphop tak terkecuali masyarakat kulit putih, bahkan di tahun 1991 sempat diadakan festival Hiphop fashion di paris dan diikuti oleh brand-brand fashion terkemuka seperti prada, dolce n gabbana, channel dan sebagainya.
begitu boomingnya fashion hiphop di era itu hingga memunculkan artis-artis rap dan hiphop yang akhirnya menjadi row model ataupun panutan dalam berbusana baik dari segi menata rambut ataupun dandanan.
Mid-1990s to late 1990s fashion
nah, di Era ini sudah mulai banyak pencampuran culture dan budaya di hiphop karen hiphop telah menyentuh semua kalangan, kini hiphop bukan hanya menjadi hak milik kaum minoritas tapi menjadi bagian dari jati diri masyarakat amerika dan dunia.
di sini sudah ada penggolongan style berdasarkan favorite dan strata sosial.
Gangsta style
gangsta style ini banyak dipilih oleh kalangan kaum-kaum pinggiran yang merasa perlu menyampaikan identitas diri mereka , dan gaya ini pun banyak dipakai para pecinta hiphop di dunia karena mereka rata-rata berkiblat pada para artis yang dulunya hanyalah bagian dari kaum pinggiran yang hidupnya keras, hingga menjadi seorang gangsta dan sekarang menjadi artis rap multiplatinum.
Fashion among “hip-hop” elites
Di daerah West coast, mereka berpedoman pada gangster-gangster era 1930-1935an dan juga terinspirasi dari film scarface. gaya ala gangstar tahun 30an ini begitu boomingnya diantara para kaum elite hiphop untuk menunjukkan identitas dan strata sosial, bahakan para mucikari (pimp) pun juga meniru cara berbusana mereka untuk menunjukkan tingkat ekeelitan mereka.
jewelry culture
di pertengahan tahun 90an platinum menggantikan emas dalam sistem penghargaan di amerika, dan pada akhirnya banyak pula artis-artis hiphop mendapatkan penghargaan platinum dan multiplatinum. moment ini dimanfaatkan mereka untuk menunjukkan pencitraan diri mereka kepada public lewat bling-bling ato chain ( baca: kalung)
Modern Hip Hop Fashion (2000′s Hip Hop fashion)
Di akhir tahun 90an semakin banyak artis-artis hiphop selain P.diddy yang memakai dan menjual brand atau mereka busana mereka sendiri, mereka memasarkan serta mempromosikannya pada saat perform atau di video klip.
seperti Wu-Tang Clan (Wu-Wear), Russell Simmons (Phat Farm), Kimora Lee Simmons (Baby Phat), Diddy (Sean John),TI (AKOO), Apple Bottom Jeans (Nelly), Damon Dash and Jay-Z (Rocawear), 50 Cent (G-Unit Clothing), Eminem (Shady Limited), 2Pac (Makaveli). dan juga merek-merek perusahaan rekaman tempat mereka bernaung seperti FUBU, Eck?, Dickies, Girbaud, Enyce, Famous Stars and Straps, Bape, LRG, Timberland Boots, and Akademiks.
hari ini, style hiphop sudah bukan lebih dari sekedar gombrong atau tidak. tetapi lebih kepada strata sosial, so guys.. be advise..
ga penting apa yang kamu pakai.. tetapi siapa sebenarnya dirimu, walaupun begitu kita juga harus tetap menghargai diri kita sendiri di mata orang lain sama seperti kita juga ingin agar hiphop dihargai oleh orang lain.
apa yang kamu pakai.. apa yang kamu lakukan itu adalah cermin hiphop di mata orang lain, karena kita adalah bagian daripadanya.


0 komentar:

Posting Komentar